Friday, March 2, 2007

T-SHIRT FROM MARS

Another Possibility is Possible

di Bentara Budaya Yogyakarta
Pembukaan : 06 Maret 2007, Pukul 19.00 WIB
Pameran: 06 - 14 Maret 2007
Seniman: Angki Purbandono, Uji Handoko a.k.a Hahan, Bambang Wicaksono, Eddi Prabandono, Eddi Hara, Ari Dyanto, Carolina Rika, Agung Kurniawan, Samuel Bagas a.k.a Gentong, Eko Didik Sukowati a.k.a Codit, Aswino Aji, Eko Nugroho, Riono Tanggul Nusantara a.k.a Tatang, Wedhar Riyadi, Iwan Effendi.

T-Shirt from March adalah pameran seni yang menggunakan media t-shirt (kaos oblong) sebagai bagian utama. Dengan mengundang seniman yang terbiasa bekerja secara mandiri, untuk bekerja dengan berdasarkan sebuah mentalitas industri, dalam hal ini industri kaos. Kaos sebagai bagian dari gaya hidup kekinian, tidak lagi dapat dilepaskan dari desainnya.

Proyek T Shirt from March ini salah satunya bertujuan untuk menciptakan desain yang tidak seragam. Jadi semacam tawaran atas penyeragaman desain seperti yang selama ini kita temui di distro-distro. Setidaknya mencoba untuk menawarkan sebuah desain kepada publik pecinta kaos bahwa desain kaos belum mati. Masih hidup meski kembang kempis digencet juragan distro, yang percaya akan adanya satu selera: selera distro.

T-Shirt from March adalah sebuah tawaran bagi seniman yang tidak mau terikat dengan kontrak-kontrak itu. Dengan mempertemukan antara pemilik modal, praktisi penyablonan, dan seniman serta infrastrukturnya diharapkan tercipta sebuah hubungan, yang katakanlah, lebih demokratis dan fair. Setiap seniman yang terlibat dalam proyek ini dan kaosnya dicetak komersial maka akan mendapatkan royalti 20% dari harga jual. Pemodal untung seniman pun tidak buntung. Upaya ini merupakan sebuah terobosan karena selama ini desain yang dibuat tidak pernah dianggap sebagai satu hal yang penting. Seringkali seniman cukup puas dengan dibayar sangat sedikit, atau cukup hanya diberi satu kaos gratis. Dengan memperlakukan seniman sebagai sebuah elemen penting dalam rantai produksi sebuah kaos, diharapkan tercipta desain yang lebih beragam dan otentik.

Selain dari upaya untuk mendapatkan semacam fair trade dan otentitas desain kaos, proyek ini bisa dianggap sebagai perluasan media seni rupa. Jadi seni rupa tidak melulu terbatas pada kanvas dan kanvas akan tetapi juga kaos dan berbagai tehnik sablonnya. Pengunaaan Tehnik lain selain kanvas dan teman-temannya, akan mengurangi jumlah pelukis yang mati karena TBC karena paru-parunya penuh dengan uap linj olie.

Pameran ini adalah hasil kerjasama dari Kedai Kebun Forum & In Tee Shirt.
the banner, artwork by: uji handoko AKA hahan
artwork by : bambang " toko " wicaksono
artwork by : eko nugroho
artwork by : uji handoko AKA hahan
artwork by : iwan effendi
artwork by : TATSOY
hahahahaa....MOBOO hadir juga meski sebagai penghias !!!! hahahahaha :)

display exhibition

No comments: